Resep Bandeng Sapit Cita Rasa Tinggi

Bandeng Sapit.

Bandeng Sapit Kamu bisa membikin Bandeng Sapit using 26 bahan dan cara membuat 9. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bandeng Sapit

  1. Tambahkan 2 ekor dari ikan bandeng ukuran sedang.
  2. Campurkan dari Bumbu marinasi.
  3. Tambahkan 2 sdm dari ketumbar bubuk.
  4. Tambahkan 2 sdm dari kunyit bubuk.
  5. Campurkan 1 sdt dari garam (kalo suka asin bisa tambahin lagi).
  6. Tambahkan 1 buah dari jeruk nipis.
  7. Tambahkan dari Bumbu Bakar.
  8. Tambahkan 15 butir dari kemiri.
  9. Campurkan 5 cm dari kunyit.
  10. Tambahkan 10 siung dari bawang putih.
  11. Tambahkan 1 sdm dari ketumbar bubuk/butiran.
  12. Tambahkan 1/2 sdm dari jinten.
  13. Tambahkan 10 siung dari bawang merah.
  14. Persiapkan 5 buah dari cabe merah.
  15. Persiapkan 2 sdm dari santan kental.
  16. Persiapkan 1/2 butir dari gula jawa.
  17. Persiapkan Secukupnya dari penyedap rasa.
  18. Persiapkan dari Lain2.
  19. Tambahkan dari Capit bambu.
  20. Persiapkan dari Pelepah pisang.
  21. Tambahkan dari Daun pisang.
  22. Campurkan dari Aluminium foil.
  23. Tambahkan dari Tomat.
  24. Persiapkan dari Timun.
  25. Tambahkan dari Daun bawang.
  26. Persiapkan dari Daun kemangi.

Langkah Langkah Membuat Bandeng Sapit

  1. Cuci bersih ikan..belah jadi 2 jangan sampe putus, buang duri dan isi perutnya..abis itu olesi dengan bumbu marinasi dan perasan jeruk nipis. Diamkan minimal 30 menit…
  2. Nah buat kayu sapitnya boleh donk minta tolong suami wkwkwkk😂. Aku pake bakaran kompor aja yaa..klo mau lebih enak lg bisa pake arang. Tapi inget bakarnya pake bara api nya aja biar matang nya merata karna ini gk pake proses goreng dulu. Pelepah pisang di pake buat mengunci capit di bagian atas, ini berfungsi juga buat tahan panas jadi kita gk rempong pas bolak balik ikan. Sebelum bakar ikan nya bisa di olesin margarin tipis2 ya atau di alasi pake daun pisang biar wangi.
  3. Sambil nunggu matang, kita siapin bumbu bakarnya. Karna cobek kurang besar jadi aku uleg sebagian2 hehehe..tp bisa juga klo kalian mau pake food prossesor, tapi hasilnya lebih mantep pake uleg an tangan..ciyuusss.
  4. Uleg menjadi 1 negara api..Oh iya klo mau pedess bisa tambahin cabe nya. Karna aku punya bocil jadi aku bikin semriwing aja biar dia bisa ikut maem😊.
  5. Panaskan wajan/teflon dan beri sedikit margarin..tumis bumbu tadi sampe harum, dan tuang santan. Aduk2. Lanjut masukin teman2 nya. Jgn lupa sambil koreksi rasa. Sisihkan.
  6. Nah pas setengah mateng, aku copot dari sapitnya karna mau matengin yg dalem nya dulu hehee..biar bener2 mateng pokoknya. Ini aja kepalanya udah copot gaees Wkwkkw, maklum lah ya masih amatir😂 Klo udah cukup matang olesi ikan dengan bumbu bakaran tadi. Bolak balik yaa, Dan pasang lg sapitnya sambil beri potongan daun kemangi.
  7. Abis itu aku tutup pake aluminium foil biar gk kegosongan aja sih dan bumbunya biar gk jatuh ke bakaran. Bisa juga tutup pake daun pisang..apa aja boleh asal jangan pake kain serbet😂 abis itu bakar lg sampe tanak dan wangiii.
  8. Jadi deeehhh..hmmm aromanyaa menggoda banget. Sueeerr. Aku juga bikin sambel kecap nya buat cocolan kalo kurang pedes.
  9. Ya Allah..enak bgt ini🤤.